Jumat, 30 September 2016

Deretan Air Terjun Eksotis di Pulau Lombok

Hey.. Sobat-sobat blogger yang kece kece! Kalian tau gak berapa jumlah air terjun di pulau Lombok? Pasti gak tau kan? Jujur saja?... Air terjun di Lombok itu banyak loo. Saking banyaknya belum ada seorang pun yang tahu berapa jumlahnya, karena memang belum pernah ada data valid yang menjelaskan jumlah air terjun yang tersebar di pulau yang mungil nan indah ini. Mungkin sobat sekalian pernah mengunjungi air terjun Sendang Gile, Tiu Kelep, benang setokel dan lain-lainnya. Itu nama-nama air terjun yang terkenal saja alias air terjun yang biasa dikunjungi orang-orang umumnya, tapi air terjun selain itu masih buaaanyak..nyak...nyak dan tidak kalah menakjubkannya. Berikut ini akan saya sebutkan nama-nama air terjun indah besarta tempat-tempatnya yang tersebar di seantero daratan pulau Lombok. Dari yang terkenal sampai yang tidak terkenal sama sekali. dari yang dihuni bidadari sampai yang dihuni dedemit. Biar kalian kenal dan cinta pulau Lombok dan juga sebagai pilihan wisata tadabbur alam bagi sobat-sobat yang cerdas. Jujur saja, saya juga belum semuanya saya kunjungi, hanya sebagiannya saja. Tapi insyaAllah suatu saat akan dikunjungi semuanya.. next adventure insyaAllah.. he.
Simak baik-baik dan catat yaa.. jangan ada yang kelewatan.

1.       Air Terjun Tiu Teja
Air Terjun Tiu Teja berada di Desa Santong, Kecamatan Kayangan. Namanya Tiu Teja yang artinya “pelangi”. Ketinggian air terjun Tiu Teja sekitar 40 meter dengan lebar 10 meter.
Tiu Teja
Tiu Teja

2.       Air Terjun Mangku Sakti/Air Terjun Kalijage
Air terjun ini berada di Desa Sajang kawasan Kecamatan Sembalun Lombok Timur. Untuk mencapai air terjun ini memerlukan waktu kurang lebih satu jam perjalanan. Sepanjang perjalanan menuju air terjun Kalijage kita akan di suguhkan padang sabana yang mendominasi di sekelilingnya.
Mangku Sakti
Mangku Sakti

3.       Air Terjun Tiu Kelep
Tiu Kelep yang terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Air terjun Tiu Kelep memiliki ketinggian 42 meter dan bertingkat-tingkat. Air ini cukup terkenal bagi wisatawan lokal, nasional maupun manca negara karena keindahannya yang sangat eksotis.
Tiu Kelep
Tiu Kelep

4.       Air Terjun Sekeper
Air Terjun Sekeper lokasi ada di desa Santong, Kecamatan Kayangan, KLU. Air terjun Tiu Sekeper memiliki ketinggian mencapai 100 m lebih. Menurut informasi, air terjun ini merupakan air terjun yang paling tinggi di lombok dengan debit air yang begitu besar dan deras sehingga jarang sekali orang bisa mendekati bawahnya.
Sekepar
Sekepar

5.       Air Terjun Kuda Sembrani
Air terjun kuda sembrani merupakan air terjun yang berada di kaki  gunung rinjani. Pasnya di desa Sajang Kec. Sembalun Lombok Timur dan sejajar dengan air terjun Mangku Sakti tepatnya  di bawah alirannya.
Kuda Sembrani
Kuda Sembrani

6.       Air Terjun Umar Maya
Lokasinya ada di Desa Bilok Petung, Sembalun, Lombok Timur. Kalau dari arah bukit selong, kita tinggal ke utara aja, ke arah Desa Sajang, kemudian lanjut ke Desa Bilok Petung. Kalau sudah sampai desa Bilok Petung, tinggal tanya ke warga sekitar, pasti mereka tahu. Air Terjun Umar Maya tingginya kira kira cuma 10 meter.
Umar Maya
Umar Maya

7.       Air Terjun Benang Stokel
Terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batu Keliang Utara,Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Air Terjun Benang Setokel memiliki 2 terjunan air yang berketinggian sekitar 30 meter.  Air terjun disebelah kiri memiliki debit yang lebih besar dibandingkan yang kanan.  Sementara itu di bawahnya terdapat kolam kecil tempat penampungan curahan air yang jatuh dari atas.
Benang Stokel
Benang Stokel

8.       Air Terjun Benang Kelambu
Air terjun ini berdekatan dengan air terjun Benang Stokel yang Terletak di daerah Kabupaten Lombok Tengah, Desa Batukliang Utara. Ketinggian air terjun ini sekitar 40 meter dengan curahan air yang begitu banyak disekitar tebing yang penuh ditumbuhi tumbuhan air.
Benang Kelambu
Benang Kelambu

9.       Air Terjun Sendang Gile
Sama dengan air terjun Tiu Kelep Air Terjun ini terletak di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Lombok Utara. Air terjun ini berada di bawah sebelum Tiu Kelep dengan ketinggian 32 meter.
Sendang Gile
Sendang Gile
 

10.    Air Terjun Batara Lejang
Lokasinya berada di hulu atas dari sumber air terjun Sendang Gila dan Tiu Kelep. Untuk mencapai air terjun Batara Lejang Anda harus melewati jalur pendakian ke Gunung Rinjani. Perjalanan dari pos pemeriksaan pertama sampai pintu rimba bisa ditempuh dalam waktu 30 menit. Selanjutnya dari pintu tersebut ada jalan setapak menuju Batara Lejang.
Batara Lejang
Batara Lejang

11.    Air Terjun Tiu Pupas
Air Terjun berada di Dusun Kerurak, Desa Genggaleng, Kecamatan Gangga. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan kedalaman kolam 4 m dan luas 100 m persegi.
Tiu Pupas
Tiu Pupas

12.    Air Terjun Kerta Gangga
Terletak di Dusun Kertaraharja, Desa Genggelang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Pada musim hujan, debit air terjun Kerta Gangga akan semakin besar dan deras, namun pada musim kemarau airnya tidak terlalu deras. Ketinggiannya sekitar 30 meter.
Kerta Gangga
Kerta Gangga

13.    Air Terjun Jeruk Manis/ AT Jukut
Air terjun ini berada di kaki gunung Rinjani, sekitar setengah jam dari Tete Batu. Ia memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan curah air yang sangat besar dan jernih.
Jeruk Manis
Jeruk Manis

14.    Air Terjun Joben
Joben terletak di Desa Montong Betok, Kecamatan Montong Gading, Lombok Timur. Air terjun Joben  memiliki ketinggian terjunan air sekitar 5 meter. Airnya keluar dari akar pohon Banjur yang berumur ratusan tahun.
Joben
Joben

15.    Air Terjun Geripak
Air terjun Geripak berada di ketinggian 500 meter dpl. Para pecinta alam biasanya melalui rute dari desa Dopang, diteruskan dengan menelusuri punggung bukit Segembong. Sesampainya di Berugak Elen Anda bisa sambil melihat pemandangan yang memesona. Terlihat hamparan sawah yang hijau, pantai Ampenan, dan sudut-sudut indah lain di Lombok.
Geripak
Geripak

16.    Air Terjun Mayung Putek
Air terjun Mayung Putek terletak di Desa Bilok Petung, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Dengan ketinggian sekitar 60 meter. Selain tergolong cukup tinggi, air yang deras menghujam ke bawah itu ternyata mengandung belerang karena berasal langsung dari Rinjani.
Mayung Putek
Mayung Putek
.
17.    Air Terjun Penimbungan Torean
Air terjun ini berada di jalur pendakian Gunung Rinjani melewati jalur Torean. Sekitar dua sampai 3 jam dari perkampungan masyarakat Torean. Tinggi air terjun ini sekitar 80 meter di kaki Gunung Rinjani.
Penimbungan Torena
Penimbungan Torena

18.    Air Terjun Aik Genit Toren
Sama dengan Air terjun Penimbungan, air terjun ini berada di jalur pendakian Torean. Ketinggiannya sekitar 8 meter di bawah bukit penyesalan kaki Gunung Rinjani.
Aik Genit
Aik Genit

19.    Air Terjun Pancor Mas Toren
Sama dengan dua air terjun sebelumnya. Air terjun ini juga berada di jalur pendakian Desa Torean setelah melewati bukit penyesalan. Volume air air terjun ini tidak terlalu besar namun ketinggiannya melebihi 10 meter.
Pancor Mas Torena
Pancor Mas Torena

20.    Air Terjun Goa Susu
Sama dengan tiga air terjun sebelumnya. Air terjun ini juga berada di dekat Gua Susu, menjelang mendekati sungai Segara Anak. Airnya campuran antara air biasa dengan air belerang gunung rinjani sehingga warnanya putih. Suhu airnya terasa hangat dan bahkan panas. Ketinggiannya sekitar 7 meter. 
Goa Susu
Air Terjun Goa Susu 

21.    Air Terjun Ulem-Ulem Tete Batu
Air terjun Ulem-ulem terletak di desa Tete Batu. Ketinggiannya hanya sekitar 5 meter, namun memiliki kolam yang cukup dalam dan luas sehingga dapat dijadikan sebagai tempat pemandian.
Ulem-ulem
Ulem-ulem

22.    Air Terjun Air Panas Segara Anak
Air terjun ini terletak di bawah aliran sungai Segara Anak. Tingginya sekitar 15 meter. Dari aliran air sungai Segara Anak bercampur dengan belerang panas yang keluar dari dinding-dinding dan dasar tebing air terjun yang menimbulkan kehangatan yang berbeda-beda. Semakin dekat dengan dinding tebing maka semakin panas air belerang yang terasa. Bagi para pendaki, biasanya air ini digunakan untuk menghangatkan badannya yang kedinginan di puncak gunung Rinjani. Air terjun ini sering disebut pemandian air panas Segara Anak.
Segara Anak
Air Panas Segara Anak

23.    Air Terjun Dewi Selendang
Lokasinya ada di Desa Sambik Elen Lombok Utara. Air terjun ini terbilang unik dari pada air terjun yang lain karena bentuknya tidak berbentuk tebing tegak berdiri namun ia adalah aliran sungai yang cukup miring dan panjang sehingga aliran sungainya cukup deras dan keras. Batu-batu yang membentuk air terjun ini cukup indah karena hampir semua alirannya terbuat dari batu cadas yang halus dan berwarna warni. Kolamnya besar bisa digunakan memanjakan tubuh anda sambil berendam menikmati pemandangan sekitar. 
Dewi Selendang
Dewi Selendang
 

24.    Air Terjun Tiu Candi Batu
Air terjun ini berada di Bayan KLU, pasnya di dekat kantor desa Sambik Elen Bayan. Tinggi air terjun ini sekitar 10 meter dengan dua air terjun yang meluncur deras.
Tiu Candi Batu
Tiu Candi Batu

25.    Air Terjun Madu
Air Terjun Madu berdekatan dengan air terjun Umar Maya yaitu tepatnya di Desa Bilok Petung, Sembalun, Lombok Timur. Kalau dari arah bukit selong, kita tinggal ke utara aja, ke arah Desa Sajang, kemudian lanjut ke Desa Bilok Petung. Bedanya dengan air terjun Umar Maya, air terjun ini lebih tinggi sekita 20 meter dan memiliki kolam yang besar di bawahnya. Sebelum sampai, kalian akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah berikut tebing-tebing aliran sungai yang memukau.
Madu
Madu
 

26.    Air Terjun Tiu Bombong
Air Terjun Tiu Bombong berada di Dusun Sempakok, Desa Santong, Kayangan, Lombok Utara. Memang Tiu Bombong belum begitu terkenal tapi tempat wisata ini masih sangat alami, airnya jernih. Dengan ketinggian sekitar 150 meter.
Tiu Bombong
Tiu Bombong


27.    Air terjun Batu Apeq
Air terjun Batu Apeq ini berada di satu lokasi dengan Air terjun Tiu Teja, Tiu Bombong dan Sekeper di Hutan Santong. Tepatnya berada di Desa Salut, Kayangan, Lombok Utara. Dengan ketinggian 82 meter, air terjun ini lokasinya masih sangat sulit dan memang iya, karena air terjun ini baru saja ditemukan.
Batu Apek
Batu Apek
 


28.    Air Terjun Tibu Topat
Lokasinya berada di desa Tete Batu, kec Sikur. Air Terjun ini tidak terlalu tinggi sekita 2 meter namun kolamnya yg besar menambah kecantikan suasananya.
Tibu Topat
Tibu Topat

29.    Air Terjun Segenter
Air Terjun Segenter berada di Dusun Kumbi, Pakuan, Narmada, Lombok Barat, tepatnya di Taman Hutan Raya Nuraksa Sesaot. Dekat dengan Kota Mataram, hanya sekitar 30 menit. Dari Taman Hutan Raya Nuraksa, kamu harus melakukan soft tracking, alias gak terlalu menantang. Air terjun Segenter dengan tinggi sekitar 10-15 meter ini mempunyai kolam alami di bawahnya yang tidak terlalu dalam. Pada saat musim hujan, curah air yang mengalir akan semakin banyak dan Air Terjun Segenter ini akan semakin indah untuk dilihat.
Segenter Pakuan
Segenter Pakuan

30.    Air Terjun Timponan / Praba.
Air Terjun Timponan terletak di Kabupaten Lombok Barat Tepatnya di Di kecamatan Lingsar dan merupakan bagian dari kawasan Hutan Sesaot kecamatan Narmada . air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter. Air terjun Timponan merupakan Air terjun favorit bagi pencinta Alam di Lombok. Lokasinya yang terletak di tengah hutan dan membutuhkan waktu sekitar 1,5-2,5jam dengan berjalan kaki  membuat Air terjun ini sering di jadikan kegiatan Lintas Alam. kejernihan dan kesegaran air terjun ini dijamin akan membayar perjalan anda.  Untuk menuju lokasi ini dari Mataram anda harus menuju Desa Praba dengan mobil atau motor, dan anda bisa menitipkan kendaraan anda di rumah warga. dari desa praba anda mulai berjalan kaki sampai ke lokasi Air terjun.
Timponan/Praba
Timponan/Praba
 

31.    Air Terjun Air Terjun Tibu Bunter / Pengkelep
Air Terjun Tibu Bunter yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter ini berada di Dusun Pesantek, Desa Pakuan, Narmada, Lombok Barat. Jarak tempuh dari kota Mataram ke Dusun Pesantek sekitar 25 km. Tempatnya masih tersembunyi, namun keindahannya tidak kalah dengan air terjun lainnya yang ada di Lombok. Curah air yang jernih cukup besar dengan adanya tebing bebatuan di sebelah kiri Air terjun Tibu Bunter.
Tibu Bunter
Tibu Bunter

32.    Air Terjun Tibu Ijo
Air Terjun Tibu Ijo berada di Desa Kekait, Gunungsari, Lombok Barat. Tau ga kenapa disebut Tibu Ijo? Menurut masyarakat setempat sih, karena di bawah air terjun terdapat kolam dalam yang berwarna agak kehijauan. Mau kesini? Untuk kamu yang menginap di kawasan Mataram atau Senggigi, lokasi ini lumayan dekat. Jarak tempuh sekitar 20 menit dari Kota Mataram atau sekitar 15 menit dari Pantai Senggigi, plus jalur menuju Pelabuhan Bangsal yang ditempuh hanya 20 menit saja dari Desa Kekait.
Tibu Ijo
Tibu Ijo

33.    Air Terjun Batu Butir
Air Terjun Batu Butir berada di Dusun Batu Butir, Medas, Gunung Sari, Lombok Barat. Air terjun ini agak unik karena terdiri dari lima air terjun, satu air terjun berada di sebelah kiri dan empatnya berada di sebelah kanan, di aliran sungai yang berbeda dari air terjun pertama. Ketinggian air terjun pertama sekitar 45 meter namun tidak terlihat karena jauh tersembunyi di balik bukit. Sedangkan ke-empat air terjun lainnya berada dalam satu limtasan membentuk empat tingkatan. Jalurnya agak sulit loh, kamu harus menggunakan peralatan climbing, khususnya untuk air terjun ke-tiga, empat dan lima. 
Batu Butir
Batu Butir

34.    Air Terjun Semporonan

Air Terjun Semporonan ada di Dusun Senggigi, Batu Layar, Lombok Barat. Pantai Senggigi sudah terkenal di dunia international, namun sayangnya tidak banyak yang tahu jika Senggigi mempunyai air terjun yang indah dengan ketinggian sekitar 30 meter. Lokasinya tepat di dalam Hutan Lindung Senggigi. Bentuk curah airnya cukup miring hingga curahan tidak terlalu keras. Ada dinding yang dipenuhi akar pohon yang merambat hingga kolam di bawah air terjun.
Semporonan
Semporonan

35.    Air Terjun Bebet Bebasak
Air Terjun Bebet Bebasaq sendiri terletak di Desa Lantan, Batukliang, Lombok Tengah. Belum banyak informasi mengenai destinasi yang terbilang baru di Lombok ini. Menurut beberapa orang, akses jalan untuk mencapainya terbilang sulit. Di tempat ini kamu akan disuguhkan pemandangan alam khas Lombok yang oke punya. Ada juga rembesan air yang menyapu daun-daun kering diantara celah bebatuan.
Bebet Bebasak
Bebet Bebasak

36.    Air Terjun Air Asin Nambung
Air Terjun Air Asin mungkin akan terdengar aneh,  sebenarnya air terjun  ini terbentuk karena  ombak yang menghempas bukit yang kemudian membentuk air terjun di belakang  bukit tersebut. Air terjun tersebut. Air terjun ini terletak di Kabupaten Lombok Barat tepatnya di daerah sekotang.  untuk menuju lokasi Air terjun ini bisa melalui dua jalur yakni jalur darat dengan jalan kaki  dengan menyusuri garis pantai berpasir  yakni pantai  numbung kuraang lebih sejauh 2 KM. dan  alternatif kedua melalului jalur laut dengan cara menyewa perahu kecil.. Masalah keindahan tempat ini jangan di tanya., anda tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan air terjun langka tapi juga keindahan pantai daerah sekotong siap memanjakan mata anda.
Nambung
Air Asin Nambung
 

37.    Air Terjun Panggung
Air Terjun Panggung terletak di Lombok Utara, tepatnya di dusun Opong Sebangun, Desa Sambik Bangkol, Kecamatan Gangga, Lombok Utara. Air terjun ini memang tidak setinggi air terjun yang disebutkan diatas ya tingginya hanya sekitar sepuluh meter.. namun kecantikanaya  tidak kalah.  Batu-batu yang berada di atas air terjun, memecah aliran air dari atas dan membentuk dua buah air terjun sekaligus. Seolah-olah menjadi panggung pertunjukan yang luar biasa indahnya. untuk menuju tempat ini waktu tempuh sekitar 1 jam 45 menit  dari Mataram dengan menggunakan mobil atau sepeda motor, . sesampai di  Air Terjun Panggung perjalanan anda akan terbayar dengan bening dan segarnya air  yang langsung berasal dari Gunung Rinjani.
Panggung
Panggung

38.    Air Terjun Aik Kelep
Air terjun Aiq Kelep terletak di Dusun Kebon Baru, Desa Duman, Kecamatan Lingsar, Kabupaten Lombok Barat. Keindahanan tempat wisata ini tidak kalah dengan Sindang Gila dan Benang Setokel. Tapi sungguh sangat disayangkan, aset wisata berkelas ini belum disentuh dan dipoles oleh pemerintah daerah. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 30 meter dan begitu dingin. Ditambah lagi bebatuan berukuran besar seperti tertata dengan apik menambah keeksotikannya.
Aik Kelep
Aik Kelep

39.    Air Terjun Mangku Kodek
Air Terjun Mangku Kodek ini berada di Desa Sajang, Sembalun, Lombok Timur. Persisnya terletak di antara Air Terjun Mangkusakti dan Kuda Sembrani, berada segaris, satu aliran dan tempat parkir kendaraan nya pun sama. Jadi kalau mau ke Mangku Kodek, ikuti saja jalur menuju Air Terjun Mangkusakti, dimana di gang masuk nya (3 km sebelum tempat parkir) terdapat baliho besar dengan gambar Air Terjun Mangkusakti.
Mangku Kodek
Mangku Kodek

Nah itulah bebarapa Air Terjun yang ada di Lombok yang bisa saya sebutkan. Sebenarnya masih banyak air terjun yang lain, cuman karena alamatnya dan fotonya kurang jelas sehingga tidak saya masukkan. InsyaAllah paparan singkat ini akan saya tambah dan perbaiki di kemudian hari. Mohon masukan dan sarannya...

Sumber:




5 komentar:

  1. Luar biasa indahnya. pulaunya kecil tpi air terjunnya banyak bnget. jadi pingin liburan kesana

    BalasHapus
  2. baru dua yg pernah saya kunjungi.. love lombok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tambah lgi adventurenya mbk Ismy Istiqomah.. Masih banyak yg lain.

      Hapus
  3. MASIH BANYAK AIR TERJUN YANG BELUM MASUK DISINI

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali mas Sopian Lombok, air terjun yg disebutkan disini adalah air terjun yg tiang tahu tempat/lokasi dan fotonya. Saya yakin masih banyak. Mungkin mas bisa tambahkan nama dan lokasinya sebagai informasi untuk kita..
      Trimakasih ms Sopian Lombok..

      Hapus